Kerjasama FKM UNMUHA dan Kabupaten Pidie Jaya di Implementasikan

 

Isu kesehatan ibu dan anak menjadi topik utama dalam PBL FKM UNMUHA 2023

Banda Aceh, kui&Kerjasama – Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Anwar Arbi S.Si., M. Pd, melepas sekaligus mendampingi 30 mahasiswa mengikuti Praktek Belajar Lapangan (PBL) I, II dan III tahun akademik 2022/2023 ke Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Selasa (17/01)

Pelepasan mahasiswa dipelataran parkir FKM UNMUHA jalan Muhammadiyah nomor 91 Batoh, Kota Banda Aceh didampingi oleh pembimbing dari masing masing  kelompok.

Sekretaris panitia Praktek Belajar Lapangan  (PBL) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)  Menawati menyampaikan, “ ada 30 mahasiswa semester lima mengikuti kegiatan PBL ini.”

“Ke 30 Mahasiswa ini nantinya di bagi dalam 12 kelompok, tempatkan diseluruh 15 puskesmas yang erada di Kabupaten Pidie Jaya,  program Praktek Belajar Lapangan (PBL)  terintegrasi ini dijadwalkan  selama 10 hari semenjak tanggal 18 – 28 Januari 2023.” Kata Menawati

Sementara itu Wakil Dekan 3 Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Anwar  Arbi mengatakan “ kegiatan PBL ini kita akan menepatkan mahasiswa di setiap Puskesmas selama 1 minggu, kita ingin melihat bagai mana manajeman yang ada dipuskesmas tersebut.”

“ juga mahasiswa melakukan berbagai kegiatan surve kesehatan di masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan, seperti kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak dan kegiatan lain.” Ungkap Anwar Arbi

Setelah mereka melakukan surve kemudian data di analisis, kita rumuskan masalahnya dan  terahir dilakukan interpensi sesuai dengan  masalah yang di dapatkan  pada saat mereka melakukan surve dilapangan.

Interpensi yang dilakukan adalah dengan bentuk penyuluhan, pemberian makanan tambahan, atau lainnya yang berhubungan dengan surve yang dilakukan. Kata Anwar Arbi

 

Kegiatan PBL ini dilakukan di Kabupaten Pidie jaya karena kita sudah melakukan kerjasama dan ini adalah bentuk implementasi dari kerjasama tersebut, memang dengan latar belakang yang menarik juga sehingga kita memilih Kabupaten ini sebagai tempat PBL.

Kabupaten Pidie Jaya itu sendiri ada kasus atau masalah stunting sehingga mahasiswa kita dapat melihat secara langsung permasalahan yang ada dilingkungan tempat tinggal masyarakat tersebut . Tutup Anwar Arbi (Agusnaidi B)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »